Berita Bola

Menang Tipis Kontra Eampoli, Juventus Nyaman di Puncak Serie A

Serie A Italia

Juventus makin nyaman di puncak klasemen Serie A Italia menyusul kemenangan di pekan ke-29. Pada pertandingan yang berlangsung di kandang sendiri di Stadion Allianz, Turin, Sabtu, 30 Maret 2019, Bianconeri menekuk Empoli satu gol tanpa balas. Gol semata wayang kemenangan tuan rumah dicetak oleh Moise Kean di menit ke-72.

Kemenangan tipis ini sudah lebih dari cukup memantapkan posisi skuad Massimiliano Allegri di posisi teratas dengan raihan total 78 poin. Mereka unggul 18 poin dari Napoli di posisi kedua yang belum memainkan laga ke-29.

Sementara itu kekalahan ini membuat Empoli tak beranjak dari papan bawah. Mereka hanya berjarak satu poin dari Bologna di zona degradasi. Bila Bologna mampu meraih kemenangan di pekan ke-29 maka dipastikan Empoli akan terjerembab di zona merah.

Juventus tidak menurunkan formasi terbaik di laga ini. Sang bomber anyar, Cristiano Ronaldo, hanya bisa menyaksikan pertandingan dari bangku penonton lantaran masih dibekap cedera. Ronaldo mengalami cedera saat membela tim nasional Portugal di babak kualifikasi Piala Eropa 2020 pekan lalu.

Meski begitu tuan rumah mampu mengendalikan pertandingan. Walau mendominasi laga, tidak mudah bagi Juventus untuk mencetak gol. Buktinya Empoli mampu menjaga gawangnya terhindar dari kebobolan sepanjang babak pertama hingga separuh babak kedua. Juventus baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-72.

Gol ini tidak lepas dari keputusan Allegri memasukan Kean untuk menggantikan Blaise Matuidi. Pemain berusia 19 tahun itu mencetak gol hanya dalam tempo tiga menit setelah masuk lapangan pertandingan.

Kean yang juga tercatat sebagai pemain tim nasional Italia pun mengikuti jejak Mario Balotteli sebagai pemain termuda yang mencetak gol di pentas Serie A. Hanya saja usia Balotteli sedikit lebih muda dari Kean saat mengukir rekor tersebut.

Sementara itu Ronaldo optimis proses pemulihannya berjalan normal. Mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu yakin ia akan kembali merumput dalam waktu dekat.

“Saya tidak khawatir soal cedera ini. Saya tahu tubuh saya. Tidak lebih dari dua minggu, saya akan baik-baik saja,” beber Ronaldo.

Pernyataan Ronaldo itu senada dengan pandangan pihak klub. Menurut kubu Juventus sang pemain hanya mengalami cedera otot ringan sehingga proses penyembuhan bisa berjalan cepat.

“Cristiano Ronaldo hanya mengalami cedera otot ringan,” tandas pihak Juventus.

Susunan pemain Juventus versus Empoli:

Juventus (4-4-2): 1-Wojciech Szczesny; 20-Joao Cancelo, 24-Daniele Rugani, 3-Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro; 30-Rodrigo Bentancur, 23-E,re Can, 5-Miralem Pjanic, 14-Blaise Matuidi; 33-Federico Bernardeschi, 17-Mario Mandzukic

Pelatih: Massimiliano Allegri

Empoli (3-5-2): 69-Bartlomiej Dragowski; 39-Cristian Dell’Orco, 22-Domenico Maietta, 5-Frederic Veseli; 6-Marko Pajac, 8-Hamed Traore, 10-Ismael Bennacer, 33-Rade Krunic, 2-Giovanni di Lorenzo; 11-Francesco Caputo, 17-Diego Farias

Pelatih: Aurelio Andreazzoli

Comment here