Berita Bola

Guardiola Tak Akan Tinggalan City Sebelum Raih Gelar Liga Champions

Pep Guardiola

Saat ini nama Pep Guardiola tengah dikaitkan dengan raksasa Serie A Italia, Juventus. Pelatih Manchester City itu disebut-sebut akan hijrah ke Turin di musim mendatang. Namun demikian Guardiola disebut-sebut tidak akan meninggalkan City dalam waktu dekat. Pendapat ini disampaikan oleh mantan bek Manchester Biru, Joleon Lescott.

Lescott mengatakan Guardiola tidak akan meninggalkan City begitu saja. Mantan pelatih Barcelona itu disebut baru akan meninggalkan kota Manchester setelah meraih gelar prestisius yakni Liga Champions Eropa.

“Saya tidak percaya Guardiola akan keluar dari Stadion Etihad, kecuali ia berhasil menjuarai Liga Champions bersama Manchester City,” beber Joleon Lescott.

Guardiola menjadi pelatih City sejak 2016. Hampir semua gelar domestik sudah diraih, kecuali trofi Liga Champions Eropa. Hal ini disinyalir menjadi pemicu bagi Guardiola untuk tetap bertahan di Etihad Stadium hingga satu-satunya trofi yang belum diraih itu berhasil direngkuh.

“Guardiola telah membawa kesuksesan dalam waktu singkat di Man City dan masih ada urusan yang belum selesai. Semua orang di klub begitu berharap Guardiola bertahan dalam jangka waktu lama. Guardiola masih berhasrat untuk mendatangkan gelar Liga Champions,” sambung Lescott.

Kualitas Guardiola sudah tak diragukan lagi. Ia merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Klub-klub yang ditangani selalu berhasil meraih gelar-gelar bergengsi. Hal ini dibuktikan sejak ia menjadi pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen.

Mantan pemain tim nasional Italia, Alessandro Del Piero bahkan menyebut Guardiola sebagai pelatih jenius. Dalam waktu singkat ia mampu mempersembahkan empat gelar bagi Manchester City.

“Pep sungguh genius. Apa yang ia bangun di Barcelona, memenangi enam gelar dalam setahun, itu unik. Bukan karena kemenangannya, tetapi karena caranya bermain,” beber Del Piero.

Lebih lanjut legenda Juventus itu mengatakan kesuksesan di Barcelona berhasil diteruskan di tim-tim lain yang ditangani, termasuk kini di Manchester City. City kini telah menjadi salah satu klub yang sangat disegani di kancah sepak bola Inggris.

“Barcelona mendominasi permainan dalam setiap laga dan sangat menyenangkan melihat mereka bermain, ia juga mencoba mengaplikasikan gaya tersebut di negara lain,” lanjut Del Piero.

Sementara itu Guardiola mengatakan kesuksesannya bersama City tidak bisa diukur semata-mata dengan trofi Liga Champions. Menurutnya melihat trofi tersebut sebagai tolak ukur sungguh tak adil karena akan mengabaikan aspek-aspek lain.

“Saya sudah berbicara dengan para petinggi Man City. Mereka tahu dan mengapresiasi kinerja kami dalam dua musim terakhir. Itu yang paling penting. Namun, semua orang pasti menganggap kami gagal jika tidak juara Liga Champions. Semua orang pasti menilai itu bencana untuk kami. Saya tidak setuju,” tegas pelatih asal Spanyol itu.

Comment here