Berita Bola

Timnas Indonesia Bungkam Myanmar di Laga Uji Coba

Timnas Indonesia

Tim nasional Indonesia mencatatkan hasil positif di laga uji coba internasional menghadapi Myanmar. Bermain di Stadion Mandalar Thiri, Myanmar, Senin, 25 Maret 2019 malam, skuad Garuda berhasil membungkam tuan rumah dua gol tanpa balas. Sepasang gol kemenangan Indonesia dicetak oleh dua pemain naturalisasi yakni Greg Nwokolo di menit ke-41 dan Ilija Spasojevic di menit ke-84 dari titik penalti.

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi Indonesia untuk menjalani laga-laga selanjutnya. Selain itu ini akan ikut menambah poin Indonesia mengingat pertandingan ini tercatat dalam agenda resmi FIFA. Kemenangan ini juga spesial terutama bagi sang pelatih Simon McMenemy yang merupakan laga pertamanya.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di laga ini. Laga pun berjalan relatif seimbang. Meski bermain di kandang lawan, para pemain Indonesia tak gentar. Beberapa kali mereka mengancam gawang tuan rumah. Indonesia berhasil membuka keunggulan di menit ke-41 melalui aksi Greg Nwokolo. Pemain naturalisasi itu dengan mudah menaklukkan kiper Myanmar, Kyaw Zin Pho. Keunggulan Indonesia bertahan hingga kedua tim ke ruang ganti.

Di babak kedua giliran Myanmar yang menekan. Tuan rumah terus menggempur pertahanan Indonesia. Namun demikian barisan pertahanan Indonesia masih mampu membendung laju para pemain tuan rumah. Alih-alih mencetak gol, Kyaw Zin Pho, kembali dipaksa memungut bola dari dalam gawangnya.

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan pemain Myanmar di kotak terlarang, wasit pun menunjuk titik putih. Tampil sebagai eksekutor Spasojevic berhasil menaklukkan Kyaw Zin Pho. Keunggulan dua gol bertahan hingga laga usai.

Usai pertandingan Simon McMenemy tak kuasa menyembunyikan kegembiraannya. Pelatih asal Skotlandia itu memuji performa para pemain Indonesia terutama empat pemain yang mengawal lini belakang dan tengah..

“Kami bertahan sangat luar biasa. Andritany melakukan penyelamatan penalti. Yustinus Pae bermain fantastis. Dia tahu bagaimana bermain di posisi itu dengan baik. Rizky Pellu dan Evan Dimas juga luar biasa. Kita semua tahu bagaimana kualitas keduanya. Mereka adalah gelandang bagus,” beber Simon.

Selain itu ia menegaskan kemenangan tersebut sangat berarti mengingat Myanmar bukanlah lawan yang mudah dikalahkan.

Berikut susunan pemain timnas Indonesia kontra Myanmar:

Timnas Indonesia (3-4-3): 26-Andritany Ardhiyasa (C); 13-Manahati Lestusen, 23-Hansamu Yama Pranata (15-Ricky Fjarin 45′), 32-Yanto Basna (22-Arthur Bonai); 14-Ruben Sanadi (2-Novri Setiawan 45′), Rizky Pellu, 8-Evan Dimas Darmono, 31-Yustinus Pae; 25-Riko Simanjuntak (18-Febri Hariyadi), 10-Stefano Lilipaly (7-M Rahmat 45′), 11-Greg Nwokolo (9-Ilija Spasojevic 49′)

Pelatih: Simon McMenemy

Timnas Myanmar (4-4-2): 18-Kyaw Zin Pho; 23-Pyae Phyo Zaw, 3-Zaw Min Tun, 20-Heyn Nai San (4-Min Kyaw Khant 57′), 17-Thet Naing; 6-Hlaing Bo Bo (12-Kyaw Zin Lwin 80′), 7-Nyein Chang Aun, 11-Maung Maung Lwin, 14-Yan Naing O (Zin Min Tun 71′); 9-Aung Thu, 10-Win Nang Sue (13-Dwe Ko Ko Chit 58′)

Pelatih: Myo Min Tun

Comment here