Berita Bola

Jerman Tekuk Belanda di Kualifikasi Euro 2020

kualifikasi Euro 2020

Tim nasional Jerman meraih kemenangan dalam laga kualifikasi Euro 2020 yang diselenggarakan di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Minggu, 24 Maret 2019 waktu setempat atau Senin dini hari WIB. Der Panzer berhasil membungkam tuan rumah Belanda dengan skor 3-2. Tiga gol Jerman dicetak oleh Leroy Sane di menit ke-15, Serge Gnabry di menit ke-34, dan Nico Schulz di penghujung laga. Sementara itu sepasang gol Belanda dicetak oleh Matthijs de Ligt di menit ke-48 dan Memphis Depay di menit ke-63.

Ini menjadi tiga poin pertama Jerman di babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Saat ini mereka menempati peringkat ketiga, kalah selisih gol dari Belanda di posisi kedua. Sementara itu puncak klasemen sementara Grup C ditempati Irlandia Utara dengan tabungan enam poin.

Selai itu kemenangan ini sangat berarti bagi Jerman untuk memutuskan rantai negatif setelah Piala Dunia 2018 lalu. Ini menjadi kemenangan pertama setelah pesta akbar tingkat dunia itu. Selain itu kemenangan ini sekaligus menjadi balas dendam terhadap Belanda akibat kekalahan di pentas UEFA Nations League.

Jerman langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Terbukti tim besutan pelatih Joachim Loew mampu mencetak dua gol di babak pertama. Gol pertama dicetak oleh Leroy Sane di menit ke-15 usai menuntaskan umpan silang terukur Nio Schulz. Di menit ke-34, Serge Gnaby menggandakan keunggulan Jerman setelah melewati hadangan para pemain belakang Jerman.

Di babak kedua Jerman masih terus menguasai jalannya laga. Namun demikian Belanda berhasil memperkecil ketertinggalan setelah jeda melalui Matthijs de Ligt. Tidak sampai di situ, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-63 melalui Memphis Depay di menit ke-63.

Skor imbang membuat pertandingan semakin menarik. Jerman akhirnya berhasil mengunci kemenangan jelang bubaran. Nico Schulz tampil sebagai pahlawan setela berhasil memaksa Jasper Cillessen kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, tak puas dengan hasil tersebut. Menurutnya, timnya pantas meraih poin di laga ini. Namun ia mengakui timnya mengawali pertandingan kurang meyakinkan sehingga harus kebobolan dua gol.

“Saya pikir kami memulai laga dengan kurang baik, tidak mengetahui gaya bermain Jerman, dan mereka sangat hebat dengan tiga pemain dan banyak pergerakan di lini depan,” beber Koeman.

Susunan Pemain Belanda versus Jerman:

Timnas Belanda: 1-Jasper Cillessen; 17-Daley Blind, 4-Virgil van Dijk, 22-Denzel Dumfries, 3-Matthijs de Ligt; 8-Georginio Wijnaldum, 15-Marten de Roon, 21-Frenkie de Jong; 9-Ryan Babel (Steven Bergwijn 46′), 10-Memphis Depay, 11-Quincy Promes

Pelatih: Ronald Koeman

Timnas Jerman: 1-Manuel Neuer; 16-Antonio Ruediger, 15-Niklas Suele, 4-Matthias Ginter; 6-Joshua Kimmich, 2-Thilo Kehrer, 8-Toni Kroos, 14-Nico Schulz, 18-Leon Goretzka (Ilkay Guendogan 70′); 20-Serge Gnabry (Marco Reus 88′), 19-Leroy Sane

Pelatih: Joachim Loew

Comment here