Berita Bola

Belgia Tekuk Rusia di Kualifikasi Euro 2020

Tim nasional Belgia

Tim nasional Belgia meraih hasil positif di pertandingan kualifikasi Euro 2020. Bermain di Heysel Stadium, Kamis, 21 Maret 2019 waktu setempat atau Jumat dini hari WIB, The Red Devils sukses membungkam tamunya Rusia dengan skor 3-1. Trigol Belgia dicetak oleh Youri Tielemans di menit ke-15 dan sepasang gol Eden Hazard masing-masing dari titik putih di menit ke-45 dan 88. Sementara itu satu-satunya gol Rusia dicetak oleh Denis Cheryzhev di menit ke-10.

Kemenangan ini menempatkan Belgia di posisi ketiga klasemen sementara Grup I. Belgia kalah selisih gol dari Kazakhstan dan Siprus yang berada di dua tempat teratas. Pada waktu bersamaan Kazakhstan sukses membungkam Skotlandia, sementara Siprus membekuk San Marino.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di laga ini. Pelatih Belgia, Roberto Martinez, memberi tempat kepada Eden Hazard, Dries Mertens, dan Michy Batshuayi di lini depan. Sementara itu lini tengah diisi Timothy Castagne, Thorgan Hazard, Youri Tielemans dan Leander Dendoncker. Lini belakang ditempati oleh Jan Vertonghen, Dedryck Boyata, dan Toby Alderweireld. Sementara itu Thibaut Courtois berada di bawah mistar gawang.

Dengan formasi terbaik, Belgia langsung menyerang sejak menit awal. Hasil manis pun dipetik saat pertandingan memasuki menit ke-14. Sepakan keras Youri Tielemans dari luar kotak penalti berhasil merobek gawang Rusia yang dijaga kiper Guilherme.

Keunggulan Belgia tidak berlangsung lama. Dua menit berselang, mantan pemain Real Madrid, Denis Cheryshev berhasil mengoyak gawang tuan rumah. Skor imbang membuat laga semakin menarik. sebelum babak pertama usai, Hazard membuat Belgia kembali memimpin. Berawal dari pelanggaran Yuri Zhirkov terhadap Hazard di kotak penalti, wasit pun menunjuk titik putih. Sebagai eksekutor Hazard sukses menjalankan tugasnya.

Di babak kedua, Rusia berusaha menyamakan kedudukan. Namun gawang mereka justru kembali bobol di penghujung laga. Tepatnya, dua menit sebelum waktu normal usai, Hazard berhasil mengoyak gawang Rusia melalui sepakan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti. Lagi-lagi Guilherme harus memungut bola dari dalam gawangnya. Di sisa pertandingan, Rusia gagal memperkecil ketertinggalan.

Susunan pemain Belgia versus Rusia:

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Dedryck Boyata; Leander Dendoncker, Youri Tielemans, Thorgan Hazard (Nacer Chadli 84′), Timothy Castagne; Dries Mertens, Eden Hazard; Michy Batshuayi.

Pelatih: Roberto Martinez

Rusia (5-4-1): Guilherme; Mario Fernandes, Kirill Nababkin, Fedor Kudryashov, Georgiy Dzhikiya, Yuri Zhirkov; Denis Cheryshev (Fedor Chalov 64′), Daler Kuzyaev (Anton Miranchuk 26′), Aleksandr Golovin, Ilzat Akhmetov; Artem Dzyuba (Fedor Smolov 77′).

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Comment here