Berita Bola

Real Madrid Tersisih dari Liga Champions Musim Ini

Real Madrid

Langkah Real Madrid di pentas Liga Champions Eropa musim ini berakhir lebih awal. Sang juara bretahan tersisih di babak 16 besar setelah kalah bersaing dengan Ajax Amsterdam. Kepastian ini diperoleh setelah tim tersebut takluk di kandang sendiri di leg kedua babak 16 besar di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa, 5 Maret 2019 waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Los Merengues takluk dengan skor 1-4. Kekalahan telak ini membuat Madrid kalah agregat 5-3 dari klub asal Belanda itu. Dengan demikian pupus harapan Madrid untuk mempertahankan gelar sekaligus membuat tim tersebut berpeluang tanpa gelar sama sekali di musim ini.

Empat gol Ajax di pertandingan ini masing-masing disumbangkan oleh Hakim Ziyech di menit ketujuh, David Neres di menit ke-18, Dusan Tadic di menit ke-62, dan Lasse Scone di menit ke-72. Sementara itu satu-satunya gol tuan rumah di laga ini dicetak oleh Marco Asensio di menit ke-70.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di laga ini. Meski bermain di kandang lawan, Ajax tak gentar. Kontestan Eredivisie itu langsung menekan sejak menit awal. Pertandingan baru berjalan tujuh menit tim tamu sudah membuka keunggulan. Berawal dari umpan Dusan Tadic, Ziyech berhasil menuntaskannya dengan sepakan terukur yang bersarang di gawang Madrid yang dijaga Thibaut Courtois.

Courtois, mantan kiper Chelsea itu kembali memungut bola dari dalam gawangnya di menit ke-18. Kembali Tadic menjadi pelayan bagi gol yang diciptakan Neres. Tim tamu berhasil menjaga keunggulan dua gol hingga paruh pertama berakhir.

Situasi tak banyak berubah di babak kedua. Madrid yang kehilangan Lucas Vazquez dan Vinicius Junior karena cedera di penghujung babak pertama semakin kehilangan taji. Menit ke-62 gawang Madrid kembali bobol. Kali ini giliran Tadic yang mencatatkan namanya di papan skor.

Tuan rumah sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-70. Umpan terukur Requilon berhasil diselesaikan dengan baik oleh Marco Asensio. Sepakan mendatar pemain asal Spanyol itu bersarang di pojok kanan gawang tim tamu.

Alih-alih menambah gol, Courtois harus kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Dua menit kemudian, Schone berhasil mengirim bola ke dalam gawang Madrid melalui sepakan bebas terarah. Gol tersebut sekaligus menjadi yang terakhir di laga ini. Ajax pun berhak lolos ke babak selanjutnya sementara Madrid harus menguburkan harapannya untuk mempertahankan gelar juara.

Susunan pemain Real Madrid versus Ajax Amsterdam:

Real Madrid (4-3-3): 25-Thibaut Courtois; 2-Dani Carvajal, 5-Raphael Varane, 6-Nacho, 23-Sergio Reguilon; 8-Toni Kroos, 14-Casemiro, 10-Luka Modric; 17-Lucas Vazquez (11-Gareth Bale 29′), 9-Karim Benzema, 28-Vinicius Junior (20-Marco Asensio 35′)

Pelatih: Santiago Solari

Ajax Amsterdam (4-2-3-1): 24-Andre Onana; 12-Noussair Mazraoui, 4-Matthijs De Ligt, 17-Daley Blind, 31-Nicolas Tagliafico; 21-Frenkie De Jong, 20-Lase Schoene; 22-Hakim Ziyech, 6-Donny van de Beek, 10-Dusan Tadic; 7-David Neres

Pelatih: Erik ten Hag

Comment here