Berita Bola

Spurs Lolos Dramatis ke Semi Final Liga Champions

Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur akhirnya mengantongi tiket ke babak semi final Liga Champions Eropa. Tim berjuluk The Lilywhites ini lolos usai menang dramatis atas Manchester City. Pada pertandingan leg kedua yang digelar di Stadion Etihad, Rabu, 17 April 2019 waktu setempat atau Kamis dini hari WIB, Spurs takluk dari tuan rumah City dengan skor 3-4. Meski begitu Spurs berhak lolos ke babak empat besar karena keunggulan gol tandang. Di pertandingan leg pertama di kandang sendiri di Stadion Tottenham Hotspur pekan lalu, Spurs membungkam City dengan skor 1-0.

Tiga gol Spurs di pertandingan leg kedua ini dicetak oleh Son Heung-min di menit ke-7 dan 10 serta Fernando Llorente di menit ke-73. Sementara itu empat gol tuan rumah dicetak oleh Raheem Sterling di menit keempat dan 21, Bernardo Silva di menit ke-11 dan Sergio Aguero di menit ke-59.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di pertandingan ini. Sudah bisa diduga sejak awal, pertandingan ini bakal berlangsung menarik. Kedua tim pun memperagakan permainan cepat dengan intensitas tinggi. Buktinya di babak pertama diisi dengan lima gol.

Gol pertama terjadi saat pertandingan baru berjalan empat menit. Sterling membuka keran gol City usai menuntaskan umpan pendek Kevin De Bruyne. Keunggulan tuan rumah tak bertahan lama. Tujuh menit kemudian, tim tamu berhasil menyamakan kedudukan. Son Heung-min berhasil memanfaatkan kesalahan bek tuan rumah untuk memperdaya Ederson Moraes di bawah mistar gawang City.

Son Heung-min kembali mencetak gol tiga menit kemudian. Gol pemain internasional Korea Selatan ini membuat tim tamu berbalik unggul. Gol ini terjadi berkat umpan Christian Eriksen. Dalam keadaan tertinggal, City akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-11.  Bernardo Silva berhasil membuat skor imbang usai menuntaskan umpan Sergio Aguero.

City kembali memimpin di menit ke-21. Sterling kembali menuntaskan umpan terukur De Bruyne. Keunggulan tuan rumah dengan skor 3-2 bertahan hingga babak pertama usai.

Situasi tak jauh berubah di babak kedua. Kedua tim silih berganti mengancam gawang lawan. Keunggulan 3-2 belum cukup meloloskan City ke babak semi final. Tim besutan pelatih Pep Guardiola butuh minimal satu gol lagi. Harapan tersebut terwujud di menit ke-59. Aguero berhasil menjaringkan bola ke gawang Hugo Lloris untuk membawa timnya unggul 4-2.

Sayangnya peluang lolos tersebut buyar di menit ke-73. Tim tamu berhasil mencetak gol melalui Fernando Llorente. Gol pemain pengganti ini bermula dari sepak pojok yang dieksekusi Kieran Trippier. Pertandingan semakin menarik. Tuan rumah butuh satu gol lagi untuk lolos. Namun hingga wasit meniup peluit panjang harapan tersebut tak terwujud. Tiket semi final pun jatuh ke tangan Spurs yang akan menghadapi Ajax Amstedam.

Susunan pemain Manchester City versus Tottenham Hotspur:

Manchester City (4-3-3): 31-Ederson Moraes; 2-Kyle Walker, 4-Vincent Kompany, 14-Aymeric Laporte, 22-Benjamin Mendy; 17-Kevin De Bruyne, 8-Ilkay Guendogan, 21-David Silva (25-Fernandinho 63′); 20-Bernardo Silva, 10-Sergio Aguero, 7-Raheem Sterling

Pelatih: Josep Guardiola

Tottenham Hostpur (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 2-Kieran Trippier, 4-Toby Alderweireld, 5-Jan Vertonghen, 3-Danny Rose; 17-Moussa Sissoko (18-Fernando Llorente 18′), 12-Victor Wanyama; 20-Dele Alli, 23-Christian Eriksen, 27-Lucas Moura; 7-Son Heung-min

Pelatih: Mauricio Pochettino

Comment here