Berita Bola

Bungkam Chelsea, Liverpool Kembali ke Puncak Klasemen

Liverpool

Liverpool akhirnya kembali ke puncak klasemen Liga Primer Inggris hanya selang beberapa jam setelah posisi teratas itu sempat dikudeta Manchester City. Hal ini tidak lepas dari kemenangan yang diraih di pekan ke-34 saat menjamu Chelsea di Stadion Anfield, Minggu, 14 April 2019 malam WIB.

The Reds berhasil membungkam tim tamu dua gol tanpa balas. Sepasang gol Chelsea di laga ini dicetak oleh Sadio Mane dan Mohamad Salah masing-masing di menit ke-51 dan 53. Kemenangan ini membuat Liverpool kini mengemas total 85 poin dari 34 laga yang telah dijalani. Mereka unggul dua poin dari Manchester Biru yang baru memainkan 33 laga.

Sementara itu kekalahan ini membuat Chelsea tertahan di posisi keempat dengan 66 poin dari 34 pertandingan yang telah dijalani. The Blues tertinggal satu poin dari Tottenham Hotspur di urutan ketiga dan hanya berjarak dua poin dari Manchester United di urutan keempat. Namun demikian kedua tim tersebut memiliki jumlah pertandingan lebih sedikit.

Beberapa jam sebelumnya City sukses memetik kemenangan dengan skor 3-1 atas tuan rumah Crystal Palace. Kemenangan tersebut mengantar tim besutan pelatih Pep Guardiola ke puncak klasemen sementara sebelum akhirnya kembali digusur oleh Liverpool.

Tampil di hadapan pendukung sendiri membuat Liverpool sangat percaya diri di laga ini. Mereka mampu menguasai jalannya pertandingan. Serangan cepat yang melibatkan trio Sadio Mane, Roberto Firmino dan Mohamed Salah membuat barisan pertahanan Chelsea harus bekerja keras.

Namun demikian Chelsea tidak ketinggalan memberikan ancaman melalui serangan cepat. Pergerakan Eden Hazard dan Willian beberapa kali mampu merepotkan barisan pertahanan tuan rumah. Kedua tim mengakhiri babak pertama dengan skor kaca mata alias tanpa gol.

Di babak kedua tuan rumah menegaskan dominasinya. Para pendukung tuan rumah akhirnya bersorak di menit ke-51. Bermula dari umpan terukur Jordan Henderson ke mulut gawang Chelsea, bola kemudian disambut Sadio Mane dengan tandukan mematikan tanpa bisa dibendung kiper tim tamu, Kepa Arrizabalaga.

Gol ini membuat Liverpool semakin giat menekan. Sementara itu Chelsea harus bekerja keras untuk mengamankan barisan pertahanan mereka. Dua menit kemudian seisi stadion Anfield kembali bergemuruk. Salah mencetak gol spektakuler melalui sepakan keras dari luar kotak penalti tanpa bisa digagalkan Kepa. Gol ini sekaligus mengirim Salah ke puncak daftar pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris dengan 19 gol. Jumlah gol Salah sama dengan striker Manchester City, Sergio Aguero.

Unggul dua gol membuat Liverpool semakin di atas angina. Hingga laga usai Chelsea gagal mencetak gol.

Susunan pemain Liverpool versus Chelsea:

Liverpool (4-3-3): 13-Alisson; 66-Trent Alexander-Arnold, 32-Joel Matip, 4-Virgil van Dijk, 26-Andy Robertson; 14-Jordan Henderson, 3-Fabinho, 8-Naby Keita (5-Georginio Wijnaldum 66′); 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino, 10-Sadio Mane

Pelatih: Juergen Klopp

Chelsea (4-3-3): 1-Kepa Arrizabalaga; 28-Cesar Azpilicueta, 2-Antonio Rudiger (27-Andreas Christensen 40′), 30-David Luiz, 33-Emerson Palmieri; 7-N’Golo Kante, 5-Jorginho, 12-Ruben Loftus-Cheek (8-Ross Barkley 75′); 22-Willian, 10-Eden Hazard, 20-Callum Hudson-Odoi (9-Gonzalo Higuain 56′)

Pelatih: Maurizio Sarri

Comment here