Berita Bola

Pep: Kami Tidak Memiliki Dana Untuk Datangkan 22 Pemain Bintang

pep guardiola

Pada  Desember 2017 lalu, Jose Mourinho mengatakan kalau dana sebesar 300 juta pounds yang sudah dia keluarkan untuk mendatangkan pemain baru di Old Trafford tak cukup untuk bisa menyangingi Manchester City. Tapi permasalahan kekuarangan uang yang telah dialami Mourinhoo itu juga dialami oleh Pep Guardiola, pelatih Mancheseter City.

Saat ini Manc City memang sedang memuncaki klasemen sementara Liga Inggris musim ini. namun Guardiola merasa perlu meningkatkan kualitas timnya dengan mendatangkan pemain baru. Akhir-akhir ini, Aymeric Laporte, pemain Athletic Bilbao sering dihubungan dengan Manc City.

Sama seperti Mourinho, Guardiola merasa berlaga di Liga Inggris memerlukan dana yang besar untuk memetik keberhasilan. Apalagi dia melatih klub yang menuntut prestasi. Oleh sebab itu, meskipun pada musim keduanya bersama City sudah mengeluarkan dana 400 juta pounds untuk merekrut pemain anyar, hal itu masih belum cukup untuk menjadikan timnya sesuai yang dia inginkan.

“Bila anda bertanding daam empat turnamen, berupaya untuk tak tersisih, kadang anda harus memiliki keberuntungan terhindar dari cedera atau anda memiliki 22 pemain besar yang dapat berlaga disemua turnamen,” ungkapp Guardiola pasca pertandingan City melawan Cardiff City, 28 Januari lalu.

“Kini, untuk memiliki 22 orang yang saya perlukan, kami tak memiliki dana untuk mendatangkannya. Mungkin kalian tak percaya hal ini. Namun untuk dapat bersaing di 4 turnamen berbeda dengan  level atas anda memang membutuhkan 22 pemain bintang. Sedangkan sementara ini untuk mempunyai 22 pemain bintang sangatlah mahal. Anda tak dapat bertahan dengan itu,” imbuhnya.

Bersama City, Guardiola memang merombak lagi seluruh skuatnya. 2 tahun di Etihad, dia telah mendatangkan pemain baru kurang lebih 15 orang. Namun sebagian kembali dijual ataupun dipinjamkan. Sekarang hanya 11 pemain yang baru direkrut City selepas Guardiola menjadi pelatih City.

Sebetulnya City, terutama Syeikh Mansour selaku pemilik klub, memilik sumur uang di kediamannya. Tapi aturan FFP di sepakbola Eropa membuat sang pemilik tidak dapat mengeluarkan dana pribadinya guna kepentingan tim.

Terlebih lagi mereka sempat menerima sanksi FFP lantaran neraca keuangannya melewati batas FFP sehingga kuota pemain City di ajang Liga Champions musim 2015/16 pun dikurangi. Oleh sebab itu saat ini Guardiola begitu berhati-hati saat mendatangkan pemain.

“Benar, bahkan bagi City ada batasan upah serta batasan dana transfer yang tak dapat kami penuhi. Kami tak tahu apa yang bakal terjadi di masa mendatang. Namun kami tak akan mendatangkan pemain dengan nilai lebih dari 80 juta, 90 juta atau 100 juta bagi satu pemain.”

Mungkin lantaran alasan itu City yang pada awalnya dihubungkan dengan perekrutan pemain Arsenal, Alexis Sanchez mundur perlahan dan akhirnya Sanchez bergabung dengan Manchester United.

Comment here