Berita Bola

Persib Datangkan OH In-Kyun

OH In-Kyun

Oh In Kyun baru diumumkan sebagai pemain anyar Persib Bandung. Apa yang sekiranya dapat ditawarkan gelandang dari Korea Selatan ini?

Pemain yang sudah berumur 32 tahun itu pada musim lalu membea klub Mitra Kukar. Dia bergabung dengan Persib selepas kontraknya tidak diperpanjang oleh tim yang berjuluk Naga Mekes itu. In Kyun hengkang dari Mitra Kukar selepas hanya bisa finis di peringkat ke 10 Liga 1 2017 lalu.

Seperti saat Paulinho kali pertama direkrut Barcelona, banyak suporter Persib meragukan kapasitas In Kyun. Walau begitu, sang agen menegaskan kepercayaan pada  In Kyun dalam Mitra Kukar pada musim lalu itu. Sang agen, Gabriel Budi percaya kalau kliennya itu merupakan pekerja keras.

Bila menilik statistik performnya di musim lalu lewat laman resmi Liga 1 Indonesia, In Kyun memang lumayan bagus walaupun tidak terlalu hebat. Dia mampu menciptaan 3 gol serta 9 assists.

Akurasi umpannya juga bisa dibilang bagus, yakni di angka 50%. Koleksi 9 assists tersebut cuma berbeda 1 assists dari pemai berkualitas lainnya seperti Paulo Sergio dan Irfan Bachdim, dan menyamai catatan Sylvano Comvalius.

Tapi, bila melihat raihan akurasi umpan lambung, catatan In Kyun juga terbilang bagus-bagus amat. Dia hanya mengoleksi 31% akurasi operan. Besar kemungkinan hal ini dikarenakan selepas mundurnya Jafri Sastra dari jabatan kepelatihan Mitra Kukar di akhir paruh pertama Liga 1 2017.

Posisinya dalam skuat Mitra memang jadi kurang bagus. Selain jarang diturunkan secara penuh, dia juga seringkali diturunkan di posisi sayap, perlu diketahui posisi tersebut bukanlah posisi naturalnya. Akhirnya, akurasi operan silang juga tidak maksimal.

Semenjak musim erdana berlaga di kasta kedua sepakbola Indonesia dengan PS Bengkulu di musim 2010 lalu, In Kyun memang banyak diturunkan menjadi gelandang tengah.

Di Liga 1 Indonesia kemarin, kontribusi In Kyun lebih banyak saat dia diberikan kebebasan menusuk dari second line. Hal itu terlihat saat dirinya menciptakan gol perdana di Piala Presiden 2017 ke jala Persegres Gresik (berkesudahan 1-0), juga saat jadi inspirator kemenangan dalam pertandingan derby Kalimantan (lawan Barito Putera) yang pula berujung dengan kemenangan Mitra Kukar 3-2.                                                                                                                                                                     Sepertinya In Kyun diproyeksikan mengisi pos yang ditinggalkan oleh Raphael Maitimo. Hal ini juga jadi tantangan tersendiri, menyusul Maitimo di musim lalu jadi salah seorang gelandang paling subur di ajang Liga 1 2017 dengan catatan 9 gol. Terlebih lagi, torehan In Kyun saat menciptakan gol di musim lalu kurang begitu bagus.

Jadi, akankah In Kyun dapat menjawab kritikan dengan penampilan bagus seperti yang dilakukan oleh Paulinho bersama Barcelona? Patut untuk ditunggu para peikmat sepakbola dalam negeri.

Comment here