Berita Bola

Mengenal Calon Striker Everton, Cenk Tosun

Cenk Tosun

Jelas, Everton memerlukan striker baru di pertengaan kedua musim nanti. Mereka mulai ada pada penampilan menanjak selepas Sam Allardyce menjadi pelatih baru.

Everton tentu ingin segera meraih peringkat yang lebih bagus lagi di akhir musim ini. mereka harus memperkuat skuat mereka dengan para nama baru. Posisi krusial bagi mereka ada pada lini depan, sebab sejauh ini masalah Everton oalah mengenai produktivitas gol. Setelah ditinggal Romelu Lukaku, Evertonmemerlukan strike anyar yang konsisten supaya dapat tampil lebih bagus di ajang Liga Inggris.

Wayne Rooney baru saja pulang ke Goodison Park memang masih bisa menunjukkan sisa-sisa keemasannya. Beberapa kali pemain senior tersebut malah menjadi tumpuan di lini depan. Performa striker muda, Dominic Calvert Lewin, juga cukup menjanjikan sebab sampai saat ini dia telah menciptakan 3 gol dan 6 assists. Namun Allardyce paham bahwa skuatnya sekarang memerlukan satu striker lainnya yang lebih segar serta lebih matang.

Allardyce pernah mengatakan ide gila, jika dia ingin mendatangkan striker miliki Borussia Dortmund, yakni Pierre Emerick Aubameyang, untuk mendatangkannya di jendela musim dingin nanti. Hal itu tentunya akan sulit diwujudkan.

Everton dengan kekuatan barunya sekarang ini boleh jadi mempunyai uang untuk merekrut Aubameyang. Namun apa pemain bersangkutan ingin hengkang dari tim besar seperti Dortmund hanya untuk bergabung bersama klub papan tengah Liga Inggris?

Satu pilihan realistis kemudian langsung muncul untuk Allardyce. Striker dari Turki, yakni Cenk Tosun, adalah bidikan yang cukup masuk akal. Setelah meraih cukup banyak prestasi serta dikenal sebagai striker handal di Liga Turki, tentu Tosun ingin dapat membuktikan diri dengan bergabung ke luar negeri. Serta tawaran yang datang dari Inggris tentunya bukanlah hal mudah untuk ditampik.

Musim debutnya dengan Eintracht Frankurt dijalani cukup baik, dalam 14 laga, dia sukses mencetak 10 gol. 6 tahun berikutnya, ada raihan apik dimana Tosun selalu bisa menciptakan lebih dari 5 gol pada setiap musim. Hal itu berlanjut saat di musim 2014 dia bergabung dengan Besiktas.

Semenjak Burak Yilmaz bergabung ke Liga China, Tosun merupakan harapan untuk dapat bersaing dengan para striker asing. Catatan golnya yang dia cetak tak kalah jauh dari striker asing itu. Dia sangat berpengalaman untuk dapat mengemban beban berat.

Yang harus diperhatikan Allardyce jika dia berminat mendatangkan Tosun ialah, fenomena para striker dari Turki yang tak tampil buas saat bermain di luar negaranya.

Masih ingat bagaimana seorang Hakan Sukur menciptakan banyak gol bersama Glatasaray, sedangkan dia tak bisa menciptakan lebih dari 5 gol dengan Inter Milan serta Blackburn Rovers. Bahkan Burak Yilmaz yang dinilai striker terbaik Turki selepas era Hakan Sukur, diakui tak mempunyai waktu yang benar-benar baik saat dia berlabh ke China.

Comment here