Berita Bola

PSM Makassar Tetap Gelar Turnament International

PSM Makassar

PSM Makassar bakal menghelat kompetisi pra musim yang bertajuk PSM Makassar Super Cup Asia 2018. Kompetisi bertaraf internasional tersebut bakal digelar di Stadion Andi Matalatta, pada tanggaal 19 sampai 21 Januari. Munafri Arifuddin seaku CEO PSM mengatakan bahwa kompetisi itu bakal menghadirkan 3 tim tamu dari Australia, Singapura, dan Malaysia.

“Kami bakal menghelat kompetisi pra musim. Kompetisi ini bakal diikuti oleh empat klun yakni PSM Makassar, Sembilan FA (Malaysia), Home United (Singapura), dan Adeaide (Australia),” demikian pernyataan Munafri saat jumpa pers.

Munafri berharap bahwa PSM dapat memanfaatkan kompetisi itu untuk dapat mengkonsolidasi kekuatan mereka sebelum mengarungi Liga 1 2018. PSM berpeluang mencoba tim-tim yang levelnya ada diatas mereka, seperti Adelaide yang berstatus tim besar di persepakbolaan Asia.

Selain Adelaide, Home United dan Negeri Sembilan juga tak dapat dipandang remeh. Negeri Sembilan pada musim 2017 ini bermain di kompetisi Liga Primer Malaysia yang menjadi kompetisi kasta kedua di Malaysia, tapi di musim itu mereka sukses mendapatkan jatah tiket promosi menuju Liga Super Malaysia selepas ada di peringkat 5 klasemen. Di sisi lain, Home United ada di posisi ke 3 klasemen akhir Liga Singapura yang menjadi kasta teratas sepak bola Singapura.

“Kompetisi persahabatn ini wajib dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk semua peserta yang ikut berpartisipasi didalam mempersiapkan klub sebelum turnamen liga di masing-masing negara dihelat,” imbuh Munafri.

Kompetisi PSM Makassar Super Cup Asia jadi ajang uji coba pertama yang bakal dilakukan oleh Juku Eja saat persiapan menghadapi Liga 1 musim 2018. PSM Makassar Super Cup Asia dihelat beberapa minggu selepas skuat arahan pelatih Robert Rene Alberts itu merampungkan pemusatan latihan yang menurut rencana dihelat pada tanggal 5 sampai 15 januari nanti.

Menilik jadwal kompetisi PSM tersebut, tanggal penyelenggaraan kemungkinan akan bentrok dengan jadwal turnamen Pialal Presiden 2018 nanti. Turnamen itu bakal dihelat pada minggu kedua Januari sampai pertengahan Februari 2018.

Di turnamen Piala Presiden 2018 nanti, PSM pun ditunjuk menjadi tuan rumah di babak penyisihan. Mengenai hal itu, Widya Syadzwina selaku Media Officer mengatakan kalau sampai sekarang ini pihak klub masih belum mendapat pemberitahuan secara resmi perihal jadwal Piala Presiden 2018.

“Sampai sekarang ini, kami masih belum mendapat jadwal resmi dari Panitia Penyelenggara Piala Presiden 2018 nanti, dan rencana Panpel menjadi PSM menjadi tuan rumah,” ujar Widya.

Wiidya melanjutkan jika pemberitahuan dari penyelenggara Piala Presiden nanti telah diterimah PSM, jadi Juku Eja masih berkomitmen untuk ambil bagian ada kompetisi itu. Perihal peluang bentrok jadwal antara Piala Presiden 2018 dengan PSM Makassar Super Cup Asia, bakal dikoordinasikan oleh CEO PSM.

Comment here