Berita Bola

Angel Gomes Tandatangani Kontrak Profesional Dengan Senior Manchester United

Angel Gomes

Mimpi Angel Gomes untuk bermain dengan Manchester United di kompetisi profesional akhirnya datang juga. Rabu 13 Desember, Andre Gomez telah resmi memperpanjang kontrak profesional perdananya bersama United. Dia dinilai pantas untuk dapat naik kelas ke skuat senior seiring performanya yang impresif dengan skuat junior United.

Di musim lalu, bersama United U-18, Gomes mencatatkan 20 pertandingan disemua kompetisi, dengan menciptaan 12 gol dan 6 assists. Perkembangan yang cukup signifikan tersebut membuat pelatih Jose Mourinho memberi kesempatan kepada Gomes untuk bergabung dengan skuat senior diakhir musim lalu.

Dia bermain di menit ke 87 guna menggantikan Wayne Rooney, ketika United mengalahkan Crystal Palace 2-0 di Old Trafford, 12 Mei lalu. Kala itu Gomes masuk ke atas lapangan pada usia 16 tahun, 7 bulan, 20 hari.

“Manchester United sudah menjadi bagian besar didalam hidup saya. Saya sudah bersama tim ini semenjak umur 6 tahun serta  ini adaah saat yang sangat membanggakan untuk saya ketika melakukan debut untuk klub pertama saya,” ujar Gomes seperti dikutip laman resmi United.

Menilik usianya ketika melakukan debut dengan skuat senior, Gomes juga mencatatkan rekor pemain yang lahir di tahun 2000 pertama yang mampu tampil di kompetisi Liga Inggris. Selain itu juga, dia juga disandingkan dengan Duncan Edwards, legenda United pada era 50-an sebagai pemain yang dapat menjalani laga di kompetisi resmi dengan United pada umur 6 tahun.

Edwards menjalani debutnya dengan United di pertandingan divisi utama menghadapi Cardiff City tahun 1953. Di laga yang berakhir 4-1 untuk kemenangan Cardiff tersebut, Edwards tampil ketika umurnya 16 tahun, 7 bulan, 2 hari.

“Saya senang Gomes sudah menandatangani kontra pertamanya dengan tim ini. Saya memberi dirinya debut klub pertamanya di akhir musim lalu, itu membuatnya tak hanya jadi pemain paling muda dalam klub yang bermain di Liga Inggris, namun juga pemain muda setelah Duncan Edwards di tahun 1953 silam,” ungkap Mourinho.

Selepas mendapat kontrak profesional perdananya, Gomes kemudian dihadapkan dengan tantangan yang semakin sulit. Dia dituntut bisa mengembangkan bakatnya dalam skuat senior. Terlebih lagi bila mengharapkan performa yang kompetitif, dia wajib dapat bersaing dengan para pemain senior yang sangat berpengalaman seperti Juan Mata hingga Paul Pogba.

“Manchester United terkenal lantaran memberikan kesempatan pada pemain akademi untuk bisa maju ke dalam skuat utama serta itu merupakan faktor utama yang telah membuat saya mau menandatangani masa bakti profesional pertama dalam tim hebat ini. Saya masih muda namun saya berharap bisa melanjutkan perkembangan saya yang dibantu oleh para staf pelatih serta saya bakal mengambil setiap kesempatan dengan harapan saya,” tutupnya.

Comment here