Berita Bola

Borussia Dortmond Datangkan Pelatih Lain Bernama Peter

Borussia Dortmond

Pada 10 Desember lalu, Borussia Dortmund telah mengumumkan bahwa Peter Bosz sudah tak lagi menjadi pelatih. Pengganti yang ditunjuk Dortmund juga sama-sama memiliki nama Peter: yakni Peter Stoger, yang 7 hari sebelumnya dibebastugaskan sebagai manager Koln, tim peringkat terbawah Bundesliga.

Ketika diumumkan sebagai pelatih Dortmund kemarin, bahkan Stoger masih belum menandatangani kontrak.

“Saya terbang menuju Wina, kemarin, dan sore harinya saya mendapatkan telepon dari Borusia Dortmund, mereka menanyakan apa saya ingin mengambil jabatan pelatih. Ini sangat mengejutkan, namun saya pikir mereka ingin saya mau mengambil tantangan ini sebab mereka memerlukan bantuan,” ungkap Stoger saat jumpa pers.

Memasuki musim 2017/18, Stoger tak hanya manager tersukses sepanjang sejarah FC Koln, melainkan pelatih Koln dengan kontrak terlama. Tapi para pelaku sepak bola profesional dinilai dari torehan masa kini, tak hanya yang sudah lewat saja. Stoger bukanlah pengecualian.

Dengan hanya 2 poin dalam 13 laga di kompetisi Bundesliga musim 2017/18, Koln memutuskan untuk memecat Stoger.

“Pada hari Jumat lalu sudah saya katakan bahwa lawa menghadapi Schalke bakal menjai laga terakhir saya,” imbuhnya.

Menjadi manager Dortmund berarti dia, yang keluar dari kompetisi Liga Eropa lantaran dipecat Koln, akal kembali masuk kedalam Liga Eropa lantaran Dortmund hanya bisa memetik 2 poin dalam 6 laga di babak grup Liga Champions arahan Peter Bosz.

Bosz didatangkan sebagai sukseso Thomas Tuchel di musim ini tidak hanya lantaran dia terhitung berhasil dengan Ajax Amsterdam. Seperti 2 manager Dortmund sebelumnya, Juergen Klopp dan Tuchel menerapkan skema  proaktif.

Dibawah arahan Bosz, Die Borrusien memulai musim kompetisi dengan impresif. Dari 7 laga awal Bundesliga 2017/18, Dortmund sukses memetik 6 kemenangan. Tapi setelah itu, mereka memetik sederet hasil buruk, termasuk juga kehilangan keunggulan 4 gol dari laga revierderby.

Kekalahan 2-1 melawan Werder Bremen pada 9 Desember lalu jadi laga terakhir Bosz. Pihak klub pun langsung menghubungi Stoger,  guna mengambil alih jabatan manager sampai akhir musim nanti.

Stoger menerima tawaran itu dengan senang. Saking senangnya sampai “bahwa bila saya danya diminta untuk melatih 14 hari pun, saya bakal tetap menerima tawaran itu,” tutupnya.

Dengan mendatangkan Stoger, Dortmund meninggalkan identitas tim yang sudah melekat semenjak Juergen Klopp menjabat menjai pelatih pada tahun 2008.

“Stoger bersama Koln membangun skuat serta membawa stabilitas. Akhir-akhir ini kami sudah kehilangan hal tersebut. kami dapat memainkan sepak bola yang hebat serta menyerang tapi kami juga memerlukan pertahanan yang kuat. Kami berharap bahwa Peter dapat memberikan yang kita butuhkan dalam sisa laga sebelum akhir jeda musim dingin serta kemudian mendorong kita di putaran kedua,” ujar CEO Dortmund, Michael Zorc.

Comment here