Berita Bola

Kaki kiri senjata andalan Aleksandar Kolarov

Aleksandar Kolarov

Aleksandar Kolarov merupakan salah seorang pemain kunci penampilan impresif  AS Roma diawal musim ini. bek yang tengah berulang tahun yang ke 32 itu sepertinya memang mengawali tahun yang menyenangkan. Selain penampilan Roma yang sedang naik, dia juga bakal bertanding di ajang Piala Dunia dengan timnas Serbia.

Kolarov merupakan salah satu transfer terbaik di musim 2017/18 yang telah dilakukan Ramon Rodriguez, direktur teknik Roma. Nilai 5 juta euro untuk merekrutnya dari Manchester City sekarang telah terbayar dengan performa impresifnya diawal musim ini.

Kini Kolarov sudah mencetak 3 gol dan 4 assists disemua pertandingan di ajang Serie A dan juga Liga Champions. Produktivitas itu adalah catatan manis lewat kaki kirinya yang bisa dibilang ajaib. Selain mahir menjadi eksekutor tembakan bebas, operan-operan kaki kiri Kolarov ini merupakan andalan Roma untuk mengumpulkan poin disemua ajang musim ini.

Kehadiran Kolarov diawal musim 2017/18 merupakan berkah untuk Eusebio Di Frabcesco, pelatih AS Roma. Apalagi, banyak fans Roma yang duluu sempat ragu dengan kedatangan Kolarov. Selain penampilannya di musim terakhir bersama City kurang begitu bagus, dia juga sempat mengabdi dengan rival sekota Roma, yakni SS Lazio.

Lambat laun, dirinya bisa memikat hati para fans Roma dengan permainan bagusnya. Dalam hal taktis, Kolarov dapat bermain di bek kiri ataupun gelandang kiri. Fisiknya yang masih prima pada usia 32 tahun dan juga pengalamannya yang banyak mampu membantu Roma tampil trengginas pada musim ini. 2 pertandingan terbaiknya, adalah saat Roma 2 kali menyulitkan wakil Inggris, Chelsea di ajang Liga Champions, dengan mampu menahan imbang 3-3 di Stamford Bridge dan menang di Olimpico Stadium dengan skor telak 3-0.

Sebelum merapat ke AS Roma, Kolarov berkostum Manchester Biru selama 7 musim. tapi, dibawah kepelatihan Pep Guardiola penampilannya selama setahun itu bisa dibilang meningkat pesat.

Kolarov direkrut Manchester City dengan nilai yang lumayan tinggi, yakni 16 juta pounds di musim 2010/11. Kepindahannya tersebut hanya satu musim setelah dia menjalani musim hebat dengan Lazio, yakni sukses memenangkan Coppa Italia 2009/10.

Dalam 10 musim terakhir, dia memang menuai buah kerja kerasnya dengan menjadi satu dari sekian banyak bek kiri terbaik Eropa, atau mungkin dapat dibilang di level dunia. Apalagi, di musim 2007 silam, Lazio mendatangkannya dari tim Liga Serbia IFK Beograd dengan nilai 900 ribu euro saja. Bersama City, Kolarov selalu menjadi opsi utama, dengan prestasi menjadi juara Liga Inggris (musim 2011 dan 2013) dan juga FA Cup musim 2010.

Kolarov juga menjadi salah satu dari sekian banyak pelayan terbaik di timnas Serbia dengan rekor 72 kali bermain dengan mencetak 10 gol.

Comment here